Senin, 19 November 2012

Tips agar blog baru cepat dikenal Search Engine

  Sebagai blogger pemula kayak ane, hal penting yang harus dilakukan setelah membuat blog adalah bisa menghasilkan traffik pengunjung dari menuju blog kita dari search engine, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat blog kita terindeks oleh search engine. Atau dalam bahasa orang umum, membuat blog kita “dikenal” oleh search engine seperti google, yahoo dan sebagainya.



Kenapa harus terindeks / dikenal search engine? Sebab dengan dikenalnya blog kita oleh search engine, maka itu membuat search engine bisa mereferensikan blog kita saat ada orang yang mencari keyword tertentu.

Sehingga Search Engine menampilkan blog kita kepada publik. Alasannya jelas, agar blog yang kita buat diketahui oleh orang lain. Percuma saja kita punya blog dengan konten berbobot tapi tidak ada yang membacanya. Ada banyak cara untuk memperkenalkan blog kita kepada publik, dan sebenarnya tidak ada batasan akan hal ini asal cara-caranya tidak melanggar ketentuan yang ada .

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah blog kita sudah ter-indeks oleh search engine atau belum?

Jawabannya, silakan cek di search engine yang inginkan, lalu ketikkan alamat blog Anda di sana.

Misalnya untuk mengecek apakah blog ane sudah terindeks di google atau belum,
  • pergilah ke google.com
  • ketik site:http://rosiyanti-aljihad.blogspot.com
  • jika ada halaman dari http://rosiyanti-aljihad.blogspot.com muncul di hasil pencarian, maka berarti blog tersebut sudah diindeks google. Jika tidak ada, maka sebaliknya.
Bagaimana caranya supaya situs atau blog kita bisa terindeks search engine?
Ada beberapa cara yang bisa di lakukan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.
  • Dikenal lewat Search Engine
Search engine sekarang ini sudah menjadi guru yang paling pintar didunia internet. Tidak jarang kita mendapat rekomendasi untuk membuka search engine ketika ingin mengetahui sesuatu. Agar dikenal oleh Search Engine, blog kita harus terindex terlebih dahulu. Caranya adalah dengan men-submit blog kita ke Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.

 

Cara pertama: membiarkan terindeks sendiri.
 
Cara ini adalah cara paling mudah. Dan berlaku jika blog Anda memiliki alamat di blogspot.com atau di wordpress.com.
Dengan cara ini Anda hanya perlu menunggu supaya google / yahoo / lainnya datang sendiri ke blog Anda. Tidak perlu mengenalkan blog Anda ke search engine – search engine tersebut. Kenapa? Karena secara default, blog yang didaftarkan di blogspot.com dan wordpress.com akan didaftarkan secara otomatis.



 

Cara kedua: mendaftarkan manual ke search engine
 
Cara ini adalah cara yang kedua. Silakan daftarkan langsung blog Anda di halaman pendaftaran URL dari search engine. Cara ini memastikan bahwa blog Anda pasti terindeks oleh search engine.
Untuk mendaftar, silakan daftarkan blog Anda ke :
masukkan URL (alamat) dari blog Anda di sana, isi formulir yang diberikan di sana.

 

Cara ketiga: meminta link dari blog lain
 
Cara terakhir, cobalah untuk mendapat link dari situs / blog lain yang sudah ter-indeks oleh search engine seperti google. Misalnya, coba minta teman Anda untuk memberi sebuah link menuju blog Anda.
Nanti search engine akan secara otomatis mengikuti link yang diberikan oleh teman Anda (atau situs lainnya) untuk kemudian meng-indeks blog Anda, seperti search engine mengindeks web yang memberi Anda link tersebut.
Sudah, selesai. Hanya 3 (tiga) cara itu saja. Tidak susah kan?
Jadi, sekarang coba lakukan salah satu atau ketiga cara tersebut sekaligus. Saya yakin, jika Anda melakukannya maka blog Anda akan ter-indeks oleh google dalam waktu beberapa hari saja. Dijamin.

  • Dikenal Lewat Blog Lain
Cara ini adalah cara paling efektif bagi blogger pemula untuk mempopulerkan blognya. Cara ini umumnya dilakukan dengan saling bertukar link, mengisi komentar di blog-blog terkenal, membuat backtrack dan lain sebagainya. Sering-seringlah melakukan blogwalking dengan meninggalkan jejak berupa komentar. Pengalaman saya sih pemilik blog yang kita datangi biasanya berkunjung balik ke blog kita, malah ada yang berbaik hati mau bertukar Link.

  • Dikenal lewat Forum
Aktiflah di berbagai forum dimana membahas topik yang sesuai dengan tema blog kita, tampilkan nama blog pada signature user account, cara ini cukup efektif untuk menjaring pengunjung, apalagi kalau kita termasuk member yang aktif dalam forum.

  • Dikenal lewat Direktori Blog
Daftarkan blog anda pada Direktori Blog yang berisi kumpulan dari berbagai blog baik yang lokal maupun yang internasional. Kalau kita beruntung akan ada pembaca yang mengunjungi blog kita lewat Direktori Blog.

Sebenarnya ada beberapa alternatif lain ntuk mempopulerkan blog, berikut diantaranya :
  • Pasang Status alamat blog kita di Situs Jejaring Sosial semisal Facebook, Twiter, Friendster dll
  • Pasang Status alamat blog kita di YM, Gtalk, dan Mesenger yang lain.
  • Pasang alamat blog kita di rumah, motor atau mobil.
  • Sebar stiker, pamflet atau apapun yang berisi alamat blog kita.
  • Buat signature di SMS kita.
  • Dan lain sebagainya..
Tapi yang harus diingat bahwa cara-cara tersebut harus didukung dengan konten/isi blog anda yang menarik. Boleh saja pembaca akan datang ke blog anda, akan tetapi bila blog anda tidak menarik maka jangan harap pembaca tersebut akan datang untuk kedua kalinya.

Sumber : http://akhdian.com, http://abuaufa.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagu ni kk... Perlu di coba... Btw aq juga baru buat blog, n masih newbie... So, buat praktikum pertam bleh kk tukeran link...
ni blog baru ku
http://jurnal-aerop.blogspot.com/